Kanker Hati - Central Organik

Kanker Hati

Kanker Hati


Semakin berkembang pola hidup masyarakat juga berdampak pada kesehatan sistem organ tubuh seseorang. Hati merupakan organ vital selain jantung dan ginjal, sehingga kita harus menjaga organ yang satu ini dengan melakukan pola hidup sehat. Saat ini kanker hati adalah penyakit urutan ke 3 yang mematikan setelah kanker paru-paru dan kanker usus besar. Telah terjadi kasus kematian di Hongkong sebesar 1800 orang yang meninggal akibat dari penyakit kanker hati. Berdasarkan data bahwa 75% dari penderita kanker hati adalah Pria dengan kisaran usia 63 hingga 69 tahun.

Jika dilihat dari data di atas bahwa penderita kanker hati adalah kaum Pria, karena memang penyebab dari kanker hati itu sendiri banyak dilakukan oleh para Pria seperti banyak begadang, merokok dan minuman beralkohol. Makanya jaga kesehatan ya teman-teman.

Ok, sekarang kita bahas, apa saja penyebab terjadinya kanker hati?

1. Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan

Larutan alkohol yang di konsumsi (minuman beralkohol) akan mengakibatkan terjadinya pengerasan organ hati dan selanjutnya berkembang menjadi penyakit hati. Selain itu ketika sistem kerja hati menurun makan akan rawan terserang Virus Hepatitis B. Namun resiko terserang kanker hati yang lebih besar adalah orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol dari pada yang terserang Virus Hepatitis B. Oleh sebab kurangi atau jangan konsumsi minuman beralkohol untuk menjaga kesehatan kita. Dan inilah sebab kenapa minuman beralkohol itu dilarang dalam islam karena lebih banyak mudorotnya dari pada manfaatnya.

2. Sirosis Hati

Nah, pada blog sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang penyakit Sirosis Hati.

Baca Juga : Sirosis Hati

3. Virus Hepatitis B

Berkisar 55% kasus Kanker Hati yang terjadi adalah disebabkan oleh Virus Hepatitis B. Orang yang terserang Virus Hepatitis B kronis memiliki risiko 100 kali lipat kanker hati. Diantara pembawa virus Hepatitis B ini 25% diantaranya telah mendertita Sirosis dan berujung pada Kanker Hati.

4. Hepatitis C

Orang yang terjangkit (pembawa) virus Hepatitis B dan Hepatitis C yang kronis akan berpotensi 150 kali lebih berisiko terkena kanker hati.

5. Mengkonsumsi makanan beracun

Hati merupakan organ penyaring senyawa toksik yang akan mengalir ke darah. Apabila kita mengonsumsi makanan beracun maka hati akan bekerja lebih maksimal dan residu dari racun tersebut akan mengendap di dalam hati dimana lama kelamaan hati menjadi rusak. Berdasarkan hasil pada hewan percobaan bahwa senyawa Aflatoksin menjadi penyebab terjadinya kanker hati.

6. Penyakit hati berlemak non- pecandu alkohol (NAFLD) dan Hepatosteatosis non-pecandu alkohol (NASH)

Penyakit ini bermula dari obesitas, kencing manis, dan gangguan metabolik lainnya. 

7. Terpapar polutan 

Polusi yang terjadi dilingkungan dapat menyebabkan terjadinya kanker hati. semakin menumpuknya senyawa polutan dan radikal bebas akan menyebabkan fungsi hati menjadi menurun. Ditambah lagi terpapar hingga waktu yang cukup lama.
Please write your comments