Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan - Central Organik

Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan

Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan


Tak banyak yang tahu bahwa biji pepaya yang biasa kita buang, ternyata punya segudang manfaat. Salah-satunya, untuk menyingkirkan racun-racun yang menumpuk di usus dan lever kita. Penelitian menunjukkan, racun bisa menumpuk hingga seberat delapan kilogram dalam usus kita. Ekstrak biji pepaya bahkan mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal. Biji pepaya juga mampu membunuh parasit dalam bersarang dalam pencernaan. 



Dokter Wahyu Triasmara, dalam Club Diet Sehat Bersama dr. Wahyu Triasmara - DrW,  menjelaskan, biji pepaya juga mengandung zat antikolesterol yang hebat. Mengkonsumsi biji buah pepaya juga bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah. Ini teruji dalam penelitian mengenai jus biji buah pepaya, secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides.

Dengan adanya kandungan ekstrak tersebut, biji pepaya ini mempunyai efek hipolipidemia dan antioksidan dalam darah yang luar biasa. Efek hipolipidemia ini, sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi.


Biji pepaya mengandung senyawa saponin yang bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu. Melalui penghambatan reaksi oksidasi kolesterol LDL ini maka dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Kandungan Fitokimia memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit. Selian senyawa Saponin, biji pepaya juga mengandung senyawa Flavonoid yang merupakan antioksidan alami yang dapat menangkap radikal bebas.

Bagaimana cara untuk bisa mengkonsumsi biji pepaya yang menyehatkan itu? 

Ada dua cara. 

Pertama, biji pepaya itu diblender dan disajikan seperti kita membuat jus. 

Kedua, dengan mengeringkannya, dan meblendernya, sebelum kemudian menyeduhnya seperti kita menyeduh kopi.

Untuk cara kedua, begini langkah yang harus dilakukan.
  1. Biji pepaya dicuci kemudian dijemur selama 2 - 3 hari
  2. Biji yang telah kering dihaluskan dengan cara digerus hingga berbentuk serbuk
  3. Masukkan serbuk ke dalam wadah botol yang kering dan bersih dan pastikan selalu tertutup rapat.
  4. Untuk menggunakannya, ambil 1 sendok tek serbuk biji pepaya dan masukkan ke dalam gelas berukuran sedang (lebih kurang 250 cc)
  5. Tambahkan 1 sendok makan madu asli
  6. Tambahkan gula secukupnya (jangan terlalu manis)
  7. Tambahkan air hangat
Ramuan dapat juga dikombinasikan dengan buah pepaya dengan membuatnya menjadi jus, caranya adalah daging buah pepaya diblender bersama dengan biji pepaya.

Untuk mendapatkan khasiatnya, dapat dilakukan setiap hari.

Manfaat biji buah pepaya yaitu:

1. Menjaga kesehatan organ hati

Biji pepaya mengandung senyawa antioksidan alami yang dapat membantu hati dalam mendetoksifikasi racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Biji pepaya dapat menyembuhkan penyakit Sirosis

Baca Juga :

2. Menjaga kesehatan ginjal

Menurut para ahli di Universitas Karachi di Pakistan biji buah pepaya dapat bermanfaat untuk mengatasi gagal ginjal. 

3. Anti peradangan

Biji pepaya juga mengandung senyawa anti inflamasi yang sangat efektif untuk  mengatasi terjadinya peradangan sendi, bengkak dan memar pada kulit.

4. Anti bakteri dan Anti jamur

Kandungan senyawa alkaloid, saponin, flavonoid di dalam biji pepaya dianggap mampu untuk mengatasi infeksi bakteri berbahaya seperti E. coli, Staph dan Samonella. Selain itu, biji pepaya mampu mengatasi organ tubuh yang yang terinfeksi oleh Virus. Manjurnya lagi, biji pepaya dapat digunakan sebagai obat demam berdarah dan tifus (Tipes).

5. Mencegah kanker

Kandungan Isotiosianat di dalam biji pepaya dapat memperlambat laju pertumbuhan sel kanker dan tumor di dalam tubuh. Silahkan coba ramuan di atas jika anda ataupun keluarga yang mengalami penyakit kanker.

6. Membunuh parasit berbahaya

Senyawa alkaloid yang terkandung di dalam biji pepaya dapat digunakan untuk membunuh cacing serta amoeba dalam sistem pencernaan kita terutama usus. Silahkan konsumsi ramuan teh biji pepaya selama 7 hari berturut-turut dan rasakan manfaatnya.

7. Membantu proses pencernaan

Sejak lama telah diketahui bahwa mengkonsumsi buah pepaya dapat melancarkan pencernaan terutama buang air besar (bab). Enzim papain yang terkandung di dalam buah pepaya juga sangat banyak terkandung di dalam biji pepaya. So, jangan buang biji pepaya jika ingin memperlancar sistem pencernaan.
Please write your comments